Monday 7 March 2011

Panduan Lengkap Cara Optimasi Meta Tag

Perlu Saya jelaskan sebelumnya tentang Meta Tag. Meta Tag adalah kode HTML yang dimasukkan ke dalam header pada website/blog. Meta Tag utamanya untuk menjelaskan gambaran website kepada pengunjung dan memberikan penjelasan sekilas kepada search engine tentang website/blog Anda.
Dibawah ini merupakan contoh kode HTML dalam header Anda.

<HEAD>
<TITLE> Judul </ TITLE>
<META name=”DESCRIPTION” content=”Kalimat penjelas diletakkan disini.“>
<META content=”Kata Kunci 1, Kata Kunci 2, Kata Kunci 3, Kata Kunci 4“>
</ HEAD>

Ada sebagian orang mengatakan bahwa pembayaran Google tidak ada pengaruhnya dengan Meta Tag untuk Search Engine Optimization (SEO). Tapi Saya mengatakan ya! Meta Tag merupakan suatu bagian yang sangat penting dari usaha SEO Anda.  Optimasi Meta Tags harus menjadi perhatian bagi setiap webmaster. Bahkan, Google Webmaster Tools menyarankan Anda untuk menyesuaikan Meta Tag untuk keperluan analisis website/blog Anda.
Akan tetapi, Saya tidak mengatakan bahwa dengan melengkapi isi Meta Tags. Kata kunci Anda akan langsung melesat ke halaman satu Google, apa yang saya katakan adalah bahwa mengoptimalkan Meta Tag merupakan bagian yang penting dari tahap SEO dan Anda bisa merasakan manfaatnya dalam jangka panjang.
Manfaat yang besar dan penting lainnya dari Optimasi Meta Tags adalah, memungkinkan Anda untuk mengendalikan apa yang akan Anda sampaikan dalam atribut di Judul dan Deskripsi Meta Tags pada hasil pencarian search engine. Dengan cara ini Anda memiliki kesempatan untuk membuat judul yang menarik, relevan dan berpotensi diklik serta deskripsi yang sangat membantu upaya Anda. Jangan mensia-siakan pekerjaan mudah tapi besar manfaatnya bagi SEO Anda.
Contoh tampilan di halaman pencarian Google:
Evil eye jewelry (Judul)
Jeyla Jewelry is the ultimate evil eye store with the widest selection of evil eye jewelry including evil eye bracelets, evil eye necklaces, and many unique … (Deskripsi website/blog – huruf yang di bold menunjukkan kata kunci Anda)
www.namadomain.com/ (alamat url)
Terkadang orang menyangka bahwa Google membuat deskripsi mereka sendiri dan mengabaikan Meta Tag.  Tidak, Search Engine akan memuat Meta Tags yang Anda tulis dalam hasil pencariannya. Menurut riset dan pengalaman, orang akan membaca setiap judul dan deskripsi sebelum mereka mengklik  pada hasil pencarian
Search Engine, contohnya Google. Jadi belum tentu situs yang berada di urutan 1 dan berada di halaman 1 Google lebih beruntung di klik, atau mungkin yang ada dihalaman 2 malah diklik karena deskripsi situs lebih sesuai dan menarik bagi pengunjung.
Optimalkan Meta Tags untuk setiap halaman website Anda
Agar website Anda maksimal, sebaiknya Anda sesuaikan isi Meta Tags pada masing-masing halaman. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan.  Anda harus melakukan riset kata kunci dan memilih kata kunci yang optimal pula. Ingat, Anda berjuang untuk Search Engine agar halaman- halaman situs Anda selalu tampil setiap ada orang yang mencari kata kunci Anda dan bukan homepage Anda. Semakin banyak halaman yang diindeks dalam SERPs untuk kata kunci Anda, semakin banyak peluang pengunjung yang mengarah ke website Anda. Dan Meta Tag harus dioptimalkan sesuai kata kunci pada setiap halaman.
Sebagai contoh: Saya akan mengambil kata kunci Diet Aman, dan itu merupakan salah satu kata kunci yang ingin Saya optimalkan dalam hasil pencarian. Jadi, Saya akan menggunakan kata kunci tersebut untuk Meta Tags homepage Saya.
Lalu Saya melakukan postingan “Bagaimana Cara Melakukan Diet yang Aman”, menurut Saya, Longtail keyword atau kata kunci yang panjang merupakan langkah yang terbaik untuk halaman postingan dan menggunakannya dalam Meta Tag. Karena dengan Longtail keyword akan menjadi sedikit saingan yang memuat kata kunci tersebut sehingga akan lebih cepat terlihat hasilnya. Proses ini dilakukan berulang-ulang setiap kali Kita melakukan postingan.
Mengoptimalkan Atribut Meta Tag
Title atau JudulSangat Penting! Sejauh ini tag yang paling penting adalah judul dan harus mengandung kata kunci di dalamnya sehingga akan muncul dalam hasil pencarian SERP.
Judul harus menarik, karena para pencari akan membaca ini di halaman hasil pencarian, ini hubungannya dengan manusia pada khususnya, berbobot dan to the point! Pengunjung mencari sesuatu yang spesifik.
Misalnya, jika kata kunci saya adalah Tips Diet Aman, maka judul yang seharusnya Saya tulis “Dapatkan Tips dan Panduan Diet Aman Disini” dan bukan “Anda Bisa Dapatkan Tips Diet Aman” yang kurang jelas, resikonya mereka bisa mengklik pada situs lainnya yang relevan.
Deskripsi - Sangat Penting! Deskripsi sebaiknya tidak lebih dari 200 karakter. Keterangan tersebut harus mengandung kata kunci utama/kata kunci turunan Anda dan uraikan apa yang akan Anda tawarkan. Perlu Saya ingatkan, ini adalah kesempatan Anda untuk menjabarkan kepada target Anda. Buatlah kata-kata yang jelas dan menarik, secara tidak langsung ini adalah bahasa iklan.
Kata kunciSama Penting. Atribut ini sama pentingnya karena kata kunci merupakan nyawa dari sebuah Meta Tag maupun Artikel . Akan lebih maksimal lagi melalui penyebaran kata kunci dalam konten serta meletakkan link memakai anchor text. Ada beberapa search engine yang mengindex dan memanfaatkan keyword atau kata kunci Anda yang ada dalam Meta Tag dan Anda masih bisa menambahkan kata kunci turunan yang lain tapi masih relevan sebagai saran untuk Search Engine Google, sangat sempurna.
Berikut adalah beberapa contoh Meta Tags yang baik:
Untuk Homepage:
Title/Judul: Pelajari Cara Diet Sehat. Tips & Panduan Diet Lengkap.
Deskripsi: Jelajahi Semua Informasi Terbaik Tentang Diet dan Menerapkan Cara Hidup Sehat dengan Cara Alami .
Keyword: cara diet sehat, diet alami, hidup sehat
Untuk halaman postingan:
Title/Judul: Apakah Anda Mencari Cara Diet Sehat Dan Alami. Semua Ada Disini.
Keterangan: Panduan Lengkap Tentang Diet Sehat. Kami Membuatnya Mudah Bagi Anda yang Membutuhkan Informasi Tentang Cara Diet Sehat dan Alami . Periksa Sekarang Juga!.
Keyword: panduan diet sehat, bagaimana cara diet sehat
Untuk blog WordPress, gunakan All-In-One-SEO-Pack plugin untuk membuat Meta Tag pada halaman posting dengan mudah. Plugin hanya bisa digunakan pada wordpress yang memakai hosting sendiri atau wordpress.org bukan wordpress gratis.

0 comments: