Monday 7 March 2011

Mengoptimalkan Website atau Blog Google Adsense

Sebuah blog atau website, tidak jauh berbeda dengan barang-barang lainnya. Perlu perawatan yang cukup agar menjadi maksimal dari segala sisi. Blog Saya ini pun terkadang menjadi tersisihkan karena harus mengurus blog-blog Saya yang lain. Terkadang kita perlu lebih bijak dalam mengelola blog-blog kita apabila kita memiliki beberapa blog atau website.
adsense blogSaya sendiri hanya memiliki sekitar 30 blog gratis aktif di beberapa penyedia freeblog, seperti Blogger, WordPress, Bigadda, Blogdetik, Weebly, Livejournal, Squidoo, dan lain-lain. Dari berbagai blog tersebut, sementara hanya 3 yang aktif posting selebihnya untuk keperluan backlink.

Untuk blog Adsense atau Adsense blog ada beberapa blog yang Saya maksimalkan, agar terlihat professional blog tersebut merupakan blog berbayar karena Saya juga menjual produk dan affiliasi dari Amazon juga.
Mengapa Saya menyebutnya blog Adsense atau Adsense blog? Karena blog-blog tersebut dibuat dan difungsikan untuk Adsense advertising. Gambar disamping adalah screenshot salah satu blog Adsense Saya.
Mengapa harus pasang iklan google adsense di google adsense blog? Pasang aja di blog-blog pribadi yang penting kan rame pengunjungnya. Itu sebuah pertanyaan yang pernah Saya terima. Ada juga yang menanyakan mengapa blog ini tidak dipasangi Adsense? entah ada muatan menyindir atau memang belum memahami Adsense. Memang tepat bahwa pasang iklan google adsense diblog yang ramai trafik pengunjungnya, tapi ini akan menjadi tidak tepat bila dipasang di blog-blog berbahasa Indonesia. Dan sebagian besar blog pribadi kita berbahasa Indonesia walau terkadang ada yang menggunakan bahasa Inggris dalam blognya.
Selain melanggar TOS GA dan beresiko di banned, hal ini akan menjadi percuma karena Cost per Click akan kecil dengan keyword bahasa Indonesia dan mungkin akan keluar iklan layanan masyarakat dari Google (bila iklan diklik tidak mendapat komisi) dan orang Indonesia cenderung tidak tertarik dengan iklan GoogleAdsense, otomatis mereka tidak melakukan klik kan?
Maka untuk mengantisipasi hal tersebut, dibuatlah google adsense blog yang dikhususkan untuk GoogleAdsense. Karena blog khusus google adsense dengan blog yang tidak dikhususkan untuk Adsense sangat berbeda menurut Saya. Yang paling mencolok diantaranya adalah:
  • Keywords. Ini merupakan bagian yang special dari blog google adsense, mengapa Saya mengatakan demikian. Karena dari awal pemilihan keyword dan melakukan riset, blog google adsense Anda akan menjadi blog besar atau mungkin menjadi blog yang tidak berguna bagi Anda. Pemilihan keyword yang tepat akan menentukan masa depan blog Anda. Keyword google Adsense selain dicari yang niche juga diutamakan yang mempunyai harga per kliknya tinggi. Anda lebih memilih 1 blog yang menghasilkan $100/hari atau 100 blog yang masing-masing blog menghasilkan $1/hari. Dari segi nominal sama, tapi dari segi energi, waktu dan biaya perawatannya sangat jauh berbeda.
Tips: Untuk melakukan riset berapa banyak pencari kata kunci yang Anda target, Anda bisa menggunakan tools Google AdWords: Keyword Tool atau freekeywords.wordtracker. Untuk yang lebih hebat Anda bisa menggunakan Market Samurai, tapi tools full-version ini berbayar dan cukup mahal harganya bagi pemula, sekitar US$ 149. Tapi sangat lengkap bagi keperluan riset. Alat ini berguna untuk menemukan kata kunci terbaik dan menemukan kelemahan pesaing Anda. Anda bisa mendapat informasi berapa banyak keyword tersebut dicari, berapa saingannya, sampai harga per-klik-nya. Market Samurai ini juga menyediakan versi trialnya. Untuk mendapatkannya, search aja di Google dengan kata kunci Market Samurai.
  • Themes. Themes atau website template merupakan casing untuk website Anda. Menarik tidaknya design website bagi pengunjung merupakan campur tangan Themes atau website template Anda. Themes untuk blog google adsense sebenarnya mempunyai design website khusus. Themes cenderung simple dan tidak memamerkan banyak gambar maupun banner. Lebih fokus pada penempatan iklan Adsense google.
Tips: Anda bisa memilih template yang simple dan bersih. Tidak memiliki banner yang menyita tempat serta desain yang terlihat rumit sehingga menggangu tampilan iklan Adsense. Anda bisa lihat gambar disamping, penempatan iklan pada posisi seperti gambar disamping terbukti menghasilkan klik paling maksimal daripada penempatan yang asal-asalan. Kotak orange merupakan iklan google adsense, selebihnya konten dari isi website atau blog adsense.

  • Plugin. Plugin untuk blog google adsense sebenarnya hampir sama seperti blog pada umumnya. Menggunakan plugin-plugin yang mendukung dalam aktifitas SEO seperti plugin yang wajib dipasang yaitu All in One SEO Pack dan lain sebagainya.
Tips: Bagi yang belum bisa memasang kode Adsense secara custom, seperti menyisipkan iklan Adsense didalam postingan. Anda bisa mencoba plugin yang berguna untuk hal tersebut. Tapi Saya tidak menyarankan hal tersebut, karena Saya pernah mendengar dari teman-teman bahwa plugin tersebut terkadang mengganti kode Adsense google kita dengan kode Adsense google si pembuat plugin tersebut. Jadi ntar yang dapat komisi siapa?
  • Pemilihan Hosting dan Target Market. Seperti layaknya blog-blog yang tidak di khususkan untuk Adsense, blog google adsense akan lebih maksimal apabila memakai hosting yang disesuaikan dengan target market Anda. Misalnya; Target market Anda Amerika maka sebaiknya gunakan hosting yang berlokasi di Amerika juga. Hal ini dilakukan agar website atau blog kita selalu lancar dan menghindari down pada saat diakses oleh target market.
Tips: Pilih hosting yang berlokasi di negara dimana target market Anda. Sebelum memilih hosting sebaiknya cek kualitas hosting, testimoni, garansi, fitur, sampai pada layanan customer support. Jangan salah membeli kucing dalam karung, Anda harus hati-hati dalam hal ini.
Blog google adsense merupakan income yang cukup lumayan apabila Anda mampu mengoptimalkannya. Mengoptimalkan dalam websitenya sendiri maupun pada luar website atau SEO-nya. Semoga tulisan Saya ini bermanfaat bagi teman-teman ;)
Cek pelajaran di Asian Brain sekarang juga. Saya bisa menyelesaikan blog Adsense dengan baik serta bisa mendapatkan akun Google Adsense tidak terlepas dari Asian Brain.
Periksa panduan yang lain di Asian Brain Gratis.

0 comments: