Saturday 18 December 2010

makalah bhs indonesia

BAB I
PENDAHULUAN
Dalam menyambut era perdagangan bebas khususnya dalam dunia manufaktur, perusahaan harus mampu bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis dalam bidangnya. Dewasa ini perkembangan industri di Indonesia semakin pesat dan cepat pertumbuhannya, untuk itu persaingan harus dapat dilakukan oleh setiap
perusahaan sedini mungkin untuk mengantisipasi persaingan yang lebih ketat pada masa mendatang.
Dalam arti perusahaan akan tetap hidup menjalankan usahanya secara exsis, bila dari segi pengelolaan perusahaan dilakukan dengan benar dan baik. Untuk itu penulis akan mengambil salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pembuatan Battery pada perusahaan " PT. DYNAPLAST " yang berlokasi di daerah Kalideres.

1.
Latar Belakang Masalah.
Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan produk-produk yang berhubungan dengan pelastik, mekanik dan elektronik, adapun jenis -jenis produk yang dihasilkan diantaranya ( Tapeweare, Conatiner, Gelas pelastik dan Battery 12 N5-3B ) untuk lebih jelasnya tentang produk-produk yang dihasilkan oleh PT.DYNAPLAST ada pada lampiran. Produk-produk yang dihasilkan ini sebagian besar produk pesanan pelanggan dari perusahaan 'lain dan sisanya produk tetap, dan salah satu dari jenis produk pesanannya yaitu jenis produk BATTERY 12 N5-3B.
Dewasa ini permintaan produk jenis BATTERY 12 N5-3B mengalami peningkatan yang baik dan dipercaya terhadap kualitas produknya, supaya permintaan terhadap produk jenis ini mempunyai kualitas produk yang lebih baik lagi dan yang nantinya akan menimbulkan kepereayan pelanggan terhadap produk dan perusahaan, maka disini penulis akan meneliti proses pembuatan dan spesifikasi kualitas produk yang diharapkan oleh pelanggan.
1
2. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan penulisan makalah ini secara formal adalah untuk memenuhi tugas Bahasa Indonesia. Adapun maksud dan tujuan secara operasional yaitu :
a. Untuk memberikan gambaran sampai sejauh mana kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh PT. DYNAPLAST khusunya dalam proses produksi dan sistem produksi (manajamen produksi) sehingga mampu memberikan kualitas produk yang baik sesuai dmgan harapan pelanggan.
b. Untuk memberikan uraian masalah-masalah pokok yang berkaitan dengan peranan dan penanganan manajemen produksi terhadap kualitas produk, khususnya produk 12 N5-3B di PT. DYNAPLAST
3. Identifikasi Masalah.
Maju dan mundurnya suatu perusahaan sangat tergantung pada produk yang dalam arti sesuai atau tidak dengan keinginan pelanggan / konsumen, dan untuk memenuhi permintaan pelanggan / konsumen terhadap produk 12 N5-3B perusahaan harus mempertimbangkan hal-hal yang akan mempengaruhi terhadap hasil produk akhir, diantaranya bahan baku, mesin / peralatan, tenaga kerja dan fasilitas lain yang menunjang dalam proses produksi.
4. Pembatasan Masalah.
Agar dalam pembuatan makalah tidak menyimpang dari judul atau tema yang akan di bahas, maka penulis akan memberikan batasan-batas permasalahan yang ada terhadap produk BATTERY 12 N5-3B yaitu berkisar pada proses produksi dan pengendalian kualitas dimensi produk akhir saja.
5. Metode Pengumpulan Data.
Dalam penyusunan data yang diperlukan untuk memberikan gambaran dan penjelasan terhadap penulisan maklalah ini, penulis melakukan penelitian dengan cara:
2
1.
Study pustaka ( Library researeh ) .
Untuk menunjang dalam pengumpulan dan pengolahan data yang telah dikumpulkan penulis melakukan pencatatan dan membaca buku-buku yang mempunyai hubungan dengan permasalahan yang sedang dibahas, dimana buku ini nantinya untuk menjadi pegangan dan pedoman dalam mengatasi permasalahan yang ada.
6. Sistematika Penulisan.
Untuk mempermudah pembahasan dan penyusunan makalah ini, maka
penulis membuat sistematika penulisan yang dibagi dalam beberapa BAB yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Pada Bab pertama ini akan dikemukakan tentang masalah makalah yaitu mengenai kualitas produk akhir BATTERY 12N5-3B untuk memenuhi spesifikasi yang diinginkan oleh pelanggan dan Bab ini terbagi dalam enam pokok bahasan yaitu latar belakang masalah, maksud dan tujuan, identifikasi masalah, pembatasan masalah, metode pengumpulan data dan sistemstika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada Bab dua ini berisikan tentang teori-teori yang dipergunakan dalam pemecahan masalah dan yang mempunyai hubungan yang erat antara teori dengan permasalahan yang ada.
BAB III PENGUMPULAN DATA
Pada Bab tiga ini menguraikan tentang data-data yang akan dibutuhkan dan digunakan sebagai bahan permasalahan yang akan dibahas, yang nantinya akan dianalisis pada Bab berikutnya.
BAB IV ANALISA PEMBAHASAN
Pada Bab empat ini merupakan pengolahan-pengolahan data yang sudah dikumpulkan pada Bab sebelumnya, dan pengolahan data-data ini dilakukan dengan menganalisis, memeriksa dan pengujian secara statistik.

0 comments: